0

Tes Kecenderungan Penggunaan Otak Kiri atau Otak Kanan

Otak besar atau serebum yang terletak di atas batang otak merupakan bagian terbesar dari otak manusia. Bagian ini bertanggung jawab atas semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan. Otak besar dibagi menjadi belahan (hemisfer) kiri dan belahan kanan. Masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek. Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.
Belahan otak mana yang lebih baik, tidak mudah untuk dijawab sebab masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda. Akan tetapi, menurut para ahli, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya [kesehatan.kompas.com].

Oke langsung saja kita ikuti pengujiannya

Tes A

 

Genggamlah tangan Anda bersama-sama, seperti jika Anda berdoa kemudian perhatikan ibu jari tangan Anda.
Jika ibu jari tangan kiri berada di bawah ibu jari tangan kanan artinya otak kiri. Jika ibu jari tangan kanan di bawah ibu jari tangan kiri artinya otak kanan. Jika tangan Anda sama seprti di gambar, maka Anda otak kiri.

Tes B




Lipat (silangkan) tangan Anda di depan Anda.
Jika tangan kanan Anda tepat di atas tangan kiri artinya otak kiri. Jika tangan kiri Anda tepat di atas tangan kanan artinya otak kanan. Jika posisi Anda sama dengan gambar, maka Anda otak kiri.


Kesimpulan
  
(Tes A) Kanan + (Tes B) Kiri = seimbang cenderung otak kanan
Sangat perhatian, konvensional, berbelit-belit, cepat akrab dengan orang lain, waspada, pengalah, stabil.


(Tes A) Kanan + (Tes B) Kanan = Dominan otak kanan
Suka tantangan dan bersikap apa adanya, cepat bertindak, imajinasinya kuat, selalu ingin tahu, dan suka tantangan, ceroboh dan nekat, jarang mendengarkan pendapat.

(Tes A) Kiri + (Tes B) Kiri = dominan otak kiri
Berdedikasi, cuek, perfeksionis, logis, selalu merasa benar, bisa dipercaya, kaku, memiliki banyak hal yang membanggakan, lawan yang tangguh.

(Tes A) Kiri + (Tes B) Kanan = seimbang cenderung Kiri
Suka mengurusi orang lain, berbakat jadi pemimpin, pandai berbicara dan menyiasati situasi, perhatian, tenang, bertanggung jawab, selalu berhati-hati dalam berpenampilan.

Apakah sudah sesuai dengan kepribadian anda???

_I_Tell_You_
 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top